7 Objek Wisata Alam Paling Spektakuler di Banyuwangi

by Admin

Wednesday, 6 May 2020

Letaknya yang berada di paling ujung timur Pulau Jawa membuat Banyuwangi dijuluki “The Sunrise of Java”. Selain memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang beragam, kota ini juga terkenal akan pesona alamnya yang luar biasa indah. Saking mempesonanya, banyak yang menganggap objek-objek wisata alam di sana tidak kalah dahsyat dengan yang ada di Pulau Bali. Benarkah? Silakan cek 7 objek wisata Banyuwangi di bawah ini.


1. Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung (G-Land).jpg

Salah satu pantai di Banyuwangi yang popularitasnya sudah menjangkau dunia. Pantai ini begitu terkenal karena kedahsyatan deburan ombaknya yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Tidak heran banyak peselancar lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong ke pantai ini. Selain berselancar, Anda juga bisa snorkeling di perairannya yang jernih, berjemur di atas hamparan pasir putihnya yang lembut atau sekedar bersantai menikmati indahnya matahari terbenam.


2. Kawah Ijen

Kawah Ijen.jpg

Di kawah inilah Anda bisa menyaksikan salah satu fenomena alam paling dahsyat di dunia yaitu api biru abadi. Kabarnya fenomena ini hanya bisa dilihat di dua tempat di planet ini, satunya lagi berada di Islandia. Waktu paling ideal untuk melihat api biru ini adalah malam hari. Kawah Ijen sendiri berada di puncak Gunung Ijen di ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Air kawahnya yang berwarna biru toska tampak mempesona dengan kabut asap belerang putihnya. Sangat tidak mengejutkan jika banyak wisatawan sering menjadikannya sebagai latar foto keren di Instagramnya.


3. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk.jpg

Jawatan Benculuk merupakan salah satu primadona pariwisata Banyuwangi. Area wisata ini menawarkan pemandangan alam super epik dengan pohon-pohon trembesi-nya itu. Suasana dan pemandangan magis di hutan lindung ini sangat mirip dengan Hutan Fangorn yang ada di film The Lord of the Rings . Tidak heran tempat ini selalu jadi incaran para photographer baik yang amatir maupun yang profesional. Awalnya, Jawatan Benculuk bukanlah tempat wisata melainkan area resapan air dan penampungan kayu jati berkualitas tinggi. Letaknya sendiri berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.


4 . Air Terjun Coklak

Air Terjun Coklak.jpg

Air Terjun Coklak merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun spektakuler di Banyuwangi. Lokasinya sendiri berada di Dusun Darungan, Kecamatan Glenmore. Air terjun ini mengalir deras dari tebing tinggi yang tampak indah dengan tumbuhan-tumbuhan hijau menyegarkan.


5. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro.jpg

Puncak Asmoro merupakan destinasi wisata baru yang menawarkan pemandangan alam indah nan hijau. Berada di ketinggian 640 meter dari atas permukaan laut, di sana Anda bisa menyaksikan kemegahan tiga gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Meranti, dan Gunung Raung. Di area ini juga terdapat taman bunga, gazebo, dan spot-spot keren untuk berfoto-foto.


6. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran.jpg

Taman nasional yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi ini sering dijuluki sebagai Africa Van Java. Hal ini terjadi karena di dalam taman nasional ini terdapat savana luas yang dipenuhi beragam satwa liar seperti halnya di Afrika. Memiliki area seluas 25 ribu hektar, di taman nasional ini juga terdapat berbagai macam hutan, 444 jenis tanaman, dan 155 jenis burung. Nama taman ini sendiri diambil dari nama gunung yang ada di sana yaitu Gunung Baluran.


7. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah.jpg

Pantai Pulau Merah bisa dibilang sebagai salah satu pantai paling populer di Banyuwangi. Diberi nama Pantai Pulau Merah karena di bibir pantai ini terdapat sebuah bukit ikonik berwarna kemerahan. Deburan ombaknya yang cukup dahsyat juga menjadikan pantai ini sangat ideal untuk berselancar.


Ticket & Hotel Tour