20 Tips Wisata Kapal Pesiar untuk Pemula

by Admin

Friday, 13 September 2019

20 Tips Wisata Kapal Pesiar untuk Pemula

Wisata cruise kini menjadi tren di kalangan wisatawan Indonesia. Semakin banyak orang yang berwisata dengan kapal pesiar untuk pertama kali.

Selain tips memilh paket kapal pesiar dan memesan lewat agen perjalanan, ada banyak hal detail yang harus diperhatikan saat berwisata di kapal pesiar.

Hal yang sederhana tetapi berpengaruh terhadap kenyamanan dan kelancaran saat berwisata. Berikut ini adalah 20 tips wisata kapal pesiar untuk pemula:

1. Tidak ada pemeriksaan tubuh seperti di bandara

Pemeriksaan barang untuk masuk di kapal pesiar terbilang wajar. Penumpang akan melewati gerbang pemeriksaan dan tas akan melewati mesin x ray. Tidak ada pemeriksaan tubuh seperti di bandara, hal ini untuk mengurangi antrean kapal pesiar yang terkenal cukup panjang.

2. Begitu naik kapal, lakukan tur keliling

Kapal pesiar punya banyak fasilitas untuk membuat penumpang tidak bosan selama di kapal. Untuk mengetahui fasilitas ini, Anda dapat mencari tahu sebelum berangkat dan ketika baik di kapal langsung lakukan tur keliling kapal. Cari tahu bagaimana cara ikut serta aktivitas seru di kapal pesiar, lokasi restoran dan bar, serta pintu darurat.

3. Rencanakan aktivitas selama di kapal pesiar

Setelah berkeliling di kapal pesiar, jangan lupa untuk merencanakan kegiatan apa saja yang ingin Anda lakukan selama di kapal pesiar. Mulai dari waktu makan, perhentian kapal, pertunjukan malam hari, dan bersantai di kapal pesiar.

4. Jangan khawatir dengan uang tunai

Setiap penumpang kapal pesiar akan diberi gelang untuk membuka pintu kamar. Gelang ini tidak cuma memiliki fungsi sebagai kunci, tetapi juga sebagai pengganti alat bayar seperti uang tunai dan kartu kredit.

Anda bisa belanja dengan gelang ini, kemudian total belanja akan tersambung dengan akun kapal pesiar dan ditagihkan ke kartu kredit.

5. Catat waktu operasional setiap restoran

Di satu kapal pesiar ada beberapa restoran. Biasanya waktu operasional restoran ini berbeda satu sama lain. Catat waktu operasional setiap restoran dan jangan malu untuk bersantap. Sebab makanan adalah fasilitas gratis yang termasuk dalam paket wisata kapal pesiar.

6. Tak perlu ragu ikut jadwal turun ke darat

Catat waktu kapal pesiar menepi dan menurunkan penumpang untuk berwisata di darat. Turun ke darat dapat menjadi ajang rekreasi sekaligus olahraga dengan berjalan kaki.

7. Cara menghindari antrean turun dari kapal

Antrean turun dari kapal terbilang panjang, apalagi jika kapal pesiar yang Anda tumpangi berkapasitas ribuan orang. Oleh karena itu, sebisa mungkin jadilah orang yang paling awal turun atau yang paling terakhir turun dari kapal. Sesuaikan dengan jadwal menepi kapal yang sudah Anda terima.

8. Jangan khawatir akan mata uang selama di darat

Pemerintah setempat mempermudah alat bayar wisatawan dari kapal pesiar. Umumnya para penjual di sekitar pelabuhan menerima pembayaran dengan uang dollar AS dan kartu kredit.

9. Tidak ada salahnya memesan makanan yang disukai

Menu hidangan di kapal pesiar biasanya selalu berubah setiap hari. Hal ini bertujuan agar penumpang tidak bosan. Namun jika Anda ingin menyantap hidangan yang sama seperti hari sebelum jangan malu untuk memesan. Kemuningkinan besar hidangan yang Anda sukai akan disajikan kembali.

10. Mayoritas kapal pesiar bebas biaya layanan kamar

Jika di hotel, memesan makanan ke kamar umumnya terbilang lebih mahal dibanding bersantap di restoran langsung. Kabar gembira, mayoritas kapal pesiar membebaskan biaya layanan kamar.

11. Boleh bawa minuman beralkohol

Minuman beralkohol di kapal pesiar biasanya tidak termasuk dalam paket wisata. Sehingga bisa dibeli langsung di bar kapal pesiar. Namun pihak kapal pesiar memperbolehkan penumpang membawa minuman beralkohol dari darat. Biasanya dibatas satu atau dua botol.

12. Siapkan uang tip

Meskipun bukan budaya orang Indonesia memberi tip, nyatanya ini menjadi budaya di kapal pesiar. Siapkan pecahan uang 1 dollar AS yang cukup banyak untuk memberi tip kepada kru yang membantu Anda selama di kapal pesiar.

13. Jangan lupa non aktifkan paket data smarthphone

Saat kapal pesiar sudah berlayar, maka paket data smartphone akan memasuki wilayah baru (roaming) dan menyedot pulsa atau paket data dalam harga yang lebih mahal. Jadi jangan lupa untuk memarikan paket data smartphone Anda.

14. Jaga ketenangan

Dinding kamar di kapal pesiar tiidak begitu tebal dan tidak kedap suara. Untuk itu penting menjaga ketenangan selama di kapal pesiar termasuk di kamar. Kecilkan suara televisi atau audio lain selama berada di kapal pesiar.

15. Bersiap untuk perubahan jadwal acara

Ada berbagai faktor yang dapat membuat jadwal acara di kapal pesiar berubah. Jadi jika pada akhirnya Anda tidak bisa turun ke darat atau tidak bisa melihat suatu pertunjukan di kapal pesiar, jangan terkejut akan hal tersebut.

16. Manfaatkan fasilitas di kapal pesiar saat waktu turun ke darat

Jika Anda tidak ingin ikut turun ke darat dan berwisata, tidak masalah. Justru inilah waktu untuk menikmati fasilitas di kapal pesiar tanpa perlu mengantre.

17. Gunakan fasilitas brankas di kamar

Jangan ragu untuk menggunakan brankas atau lemari pengaman di kamar untuk menyimpan berbagai barang berharga Anda. Dengan fasilitas ini Anda dapat lebih tenang berkeliling kapal pesiar atau berwisata di darat.

18. Pilih tangga dibanding elevator

Antrean elevator di kapal pesiar terbilang ramai. Menggunakan tangga dapat menjadi sarana berolahraga selama di kapal.

19. Jangan terlambat kembali ke kapal

Saat waktunya turun ke daratan, jangan terlambat untuk naik ke kapal. Walau wisata kapal pesiar tampak santai sebenarnya tepat waktu.

20. Jangan lupa bawa berbagai barang ini

Contohnya adaptor listrik universal, sandal jepit yang nyaman, dan baju hangat atau pashimina untuk berkeliling kapal pesiar di malam hari. Angin laut selalu lebih dingin saat di malam hari.


Ticket & Hotel Tour