Liburan ke Beijing, Wajib Menikmati Bebek Peking nan Unik

by Admin

Thursday, 20 June 2019

Apa makanan pertama yang harus dicoba saat berada di China? Jawabannya tentu saja Bebek Peking yaitu bebek panggang khas Beijing. Saking tenarnya, Bebek Peking menjadi simbol national untuk China pada tahun 1970-an. Seakan-akan kunjungan ke China belum lengkap jika tak mencicipi Bebek Peking. Apa sih istimewanya makanan ini?

Ternyata, Bebek Peking memiliki sejarah yang panjang. Bebek sendiri merupakan daging tradisional yang kerap disantap penduduk di China. Hidangan ini sendiri dulunya disebut sebagai "shāo yāzi". Saat masa Dinasti Ming, Bebek Peking adalah salah satu hidangan utama dalam menu kekaisaran. Konon, Bebek Peking sudah ada sejak masa Dinasti Yuan yaitu tahun 1279-1368.

Orang China percaya bahwa bebek Peking paling bagus disantap saat musim semi, musim gugur, dan musim dingin. Bebek dipercaya memiliki tekstur yang lembut pada musim semi dan musim dingin. Cuaca saat musim-musim ini juga cenderung sejuk hingga dingin, sehingga cocok untuk menyantap makanan yang dipanggang dan berlemak.

Penyajian yang Unik

Apa yang membuat hidangan ini begitu istimewa? Ternyata penyajian bebek Peking begitu unik. Seekor bebek panggang utuh akan disajikan di depan tamu. Lalu, koki mengiris-iris daging bebek. Keahlian mengiris daging bebek dengan cepat dan terampil ini dilakukan tepat di depan tamu.

Keterampilan ini tak sembarangan, karena daging diiris tipis dan harus tetap menyisakan kulitnya. Jadi setiap irisan terdiri dari daging dan kulitnya. Melihat koki mengiris daging bebek merupakan pengalaman tersendiri yang begitu mengesankan.

Kemudian irisan daging bebek ini disajikan ke meja bersama dengan beberapa hidangan pendamping. Sebut saja saus plum, potongan timun, dan sebagaimanya.

Hidangan pendamping

Biasanya restoran di Beijing yang menyajikan bebek panggang menyediakan aneka saus dan hidangan pendamping. Hal ini menjadi ciri khas dan penyajian tradisional dari bebek Peking. Tentunya setiap restoran memiliki ciri khas hidangan pendamping dan saus masing-masing. Namun umumnya ada saus celupan andalan dan juga potongan timun.

Saus yang biasa dipakai adalah saus plum manis. Bumbu penyedap pelengkap lainnya adalah timun dan gula, bawang putih yang dhancurkan, dan bawang merah. HIdangan pendamping untuk menikmati irisan daging bebek biasanya biskuit wijen dan dadar tipis.

Cara makan

Cara memakan bebek Peking secara tradisional adalah membungkus irisan daging bebek dan saus atau bumbu penyedap di dalam dadar tipis.

Nah, mula-mula ambil irisan daging dengan sumpit lalu celupkan di saus plum. Lalu oleskan irisan daging yang sudah berisi saus plum ke dadar. Taruh irisan daging ke dadar dan kamu bisa tambahkan lagi irisan daging. Beri irisan timun dan daun bawang. Bungkus dadar dan makan dengan tangan.

Kelezatan sari daging bebek yang gurih pun membuncah di mulut, berpadu dengan manisnya saus plum. Tekstur lembut daging bebek bersama garingnya kulit bebek, serta renyahnya timun. Sebuah rasa penuh kelezatan memenuhi mulut.

Penasaran ingin mencoba sendiri bebek Peking langsung di kampung halamannya? Ikuti tur ke Beijing, sambil berwisata melihat bangunan menakjubkan peninggalan masa kejayaan kekaisaran China, kamu bisa menikmati nikmatnya bebek Peking.


Ticket & Hotel Tour